Betapa nikmatnya, sepulang dari beraktivitas seharian kita sampai di Rumah Kita yang tercinta dan mendapati kenyamanan dan keteduhan di dalamnya. RUMAH, sebuah kata sederhana yang merupakan suatu bentuk bangunan yang memiliki pengaruh yang sangat penting di dalam kehidupan kita. Sesukses apapun kita, sekaya apapun kita, semua menjadi sirna apabila rumah yang kita tinggali tidak bisa memberikan rasa aman, nyaman, teduh, bahagia, dan lain sebagainya. Memang, pada intinya adalah interaksi antar insan manusia yang berada di sekitar kita (keluarga, teman, relasi, dll) yang menjadi titik utama dari pencapaian beberapa hal tersebut. Akan tetapi, keberadaan rumah dan kondisinya yang ideal akan sangat membantu memberikan kebahagiaan pada diri kita.

Elemen rumah tidaklah terlalu kompleks. Mulai dari bagian luar/depan/façade, eksterior, ruang depan, ruang tengah, ruang belakang, taman belakang dan interior. Saat pertama kali orang melihat suatu rumah adalah bentuk dari rumah tersebut, baik dari gubahannya maupun dari façade atau tampak dari rumah tersebut. Façade dapat menjadi pencerminan diri dari si pemilik rumah. Dia suka warna apa, dia suka elemen apa, dia punya ketertarikan dalam bidang apa, dia memiliki profesi apa, dan masih banyak lainnya.

BAGIAN DEPAN

Elemen dari bagian depan rumah meliputi, carport atau area parkir mobil, taman, teras, kolam ikan atau sekedar kolam air biasa, pintu dan jendela, bouvenlight, lubang angin atau roaster, finishing cat ataupun menggunakan finishing tile maupun batu alam. Cukup banyak batu alam yang dapat dipergunakan sebagai elemen finishing atau dekoratif pada bagian muka rumah, seperti : batu candi, batu marmer, batu andhesit, granit, batu lempeng, batu paras, batu palimanan, batu green bali, dan lain sebagainya. Mengenai penggunaan material dan karakteristik dari material-material ini telah kami ulas jauh lebih detail pada tulisan kami yang lalu.

Untuk carport, standar yang biasa dipergunakan oleh para rekan-rekan developer untuk area parkir 1 mobil adalah 3 x 5 m, bahkan ada yang 3 x 6 m. kebutuhan efektif dari carport sesungguhnya adalah 2,3 x 4,6 m, akan tetapi demi keleluasaan, karena kadangkala jalan didepan rumah kita kurang begitu leluasa, maka ukuran-ukuran di atas yang seringkali dipergunakan oleh para arsitek dalam membuat suatu desain. Untuk ukuran 2 mobil relatif menyesuaikan dari standar ukuran tersebut. Akan tetapi, apabila anda mencoba membuat suatu disain sendiri, agar diperhitungkan apabila anda pun juga memiliki jenis kendaraan lain, seperti sepeda maupun sepeda motor, yang mana juga memerlukan area parkir tersendiri yang jauh lebih aman dan tidak mengganggu satu sama lain. Apabila memungkinkan, tidak ada salahnya untuk menambahkan area garasi yang menyatu dengan bangunan utama rumah, hal ini juga untuk mengatasi jumlah kendaraan yang lebih dari satu.

Untuk taman, ada 2 elemen dalam taman tersebut yang biasa kita sebut Hardscape dan Softscape. Kami tidak akan menjelaskan detail mengenai 2 unsur ini karena telah kami ulas juga sebelumnya. Elemen dari taman kita bagi menjadi 2 bentuk, keras dan lembut, antara tanaman dan elemen pendukungnya seperti kolam, dan lain-lain. Kita harus berhati-hati dalam memadukan kedua unsur tersebut, kami sangat merekomendasikan anda untuk berdiskusi terlebih dahulu kepada ahlinya mengenai hal ini, sehingga tidak terjadinya crash atau bentrok dari kedua unsur ini. Semua harus dapat dipadukan menjadi satu sehingga menjadi suatu bentuk seni yang indah.

Teras bisa menjadi sekedar suatu ruang transisi antara bagian luar dan dalam rumah, atau dapat juga kita fungsikan sebagai ruang untuk menerima tamu. Untuk ukuran dari teras menyesuaikan dari bentuk rumah dan fungsi dari ruangan tersebut. Kita dapat menaruh atau meletakkan beberapa elemen furniture ataupun sekedar dekoratif pada area teras.

BAGIAN DALAM

Bagian dalam rumah standar, biasanya terdiri dari Ruang Tamu, Ruang Keluarga (living room) Kamar Tidur (bedroom), Kamar Mandi (bathroom), Dapur (Kitchen), Ruang Makan (dinning room) dan tangga (stair) apabila merupakan rumah tingkat. Ruang-ruang ini merupakan ruang utama/inti yang biasanya/sebaiknya/seharusnya ada pada rumah. Beberapa ruang lain yang mengikuti sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan lahan yang kita miliki adalah : Kamar Pembantu, Kamar Mandi Pembantu, Ruang Kerja, Ruang Belajar, Perpustakaan atau Ruang Baca, Mezanin, Ruang Rekreasi (home theatre, dll), taman dalam rumah, dll.

Kamar tidur biasanya terbagi menjadi 2 kelompok utama, yaitu kamar tidur utama (master bedroom) dan kamar tidur biasa. Ukuran minimal dari kamar tidur untuk standar kenyamanan dan keleluasaan adalah dengan salah satu sisi memiliki lebar 3 m dan sisi lainnya tidak kurang dari 2,5 m. Apabila kita bisa menyediakan ukuran yang lebih lebar dari ini akan jauh lebih baik. Elemen di dalam kamar diantaranya : tempat tidur, lemari, nakas, lemari rias, dan untuk menambah fungsi dan kenyamanan kadangkala kita mempergunakan AC (air conditioning) atau pendingin udara dan kamar mandi dalam. Cukup banyak rumah tinggal yang saat ini menggunakan AC untuk menurunkan suhu udara di dalamnya hingga mencapai suhu nyaman (bukan dingin). Apabila kita membutuhkan juga, kita bisa menambahkan TV dan Audio System di dalam kamar. Untuk kamar anak, kami tidak menyarankan untuk menempatkan TV di dalamnya, karena secara Psikologi kurang begitu baik terhadap komunikasi antar keluarga secara jangka panjangnya.

Ruang tamu, merupakan suatu ruang yang khusus kita sediakan untuk menerima tamu yang datang. Untuk ukuran pun cukup menyesuaikan dengan space yang kita miliki. Content dalam ruang tamu cukup standar, meja dan kursi (sofa, antik, dll), lemari (apabila memungkinkan), foto, lukisan, carpet, aquarium, tanaman, dll. Kita usahakan seminimal mungkin didapatkan rasa nyaman di ruang tamu sehingga tamu yang datang ke rumah kita merasakan suatu keramahan, welcome sense, dan kesan yang baik pada saat sepulangnya dari rumah kita.

Ruang keluarga, sesuai dengan namanya, merupakan tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga yang kita miliki. Usahakan area ini seluas mungkin sehingga para anggota keluarga merasa relaks dan leluasa pada saat berkumpul disini, baik hanya untuk ngobrol atau diskusi, nonton TV atau Film bersama-sama, berkaraoke, dan bersenda gurau.

Dapur merupakan tempat para cheff rumah tangga untuk menyiapkan kuliner utama maupun pendukung bagi seluruh penghuni rumah. Usahakan kondisi dapur memenuhi semua kebutuhan fungsional seperti, tempat cuci (kitchen sink/zink), kompor atau tempat masak, kulkas, island (apabila memungkinkan). Dapur harus selalu berada dalam kondisi yang bersih dan higienis. Sirkulasi udara harus diperhitungkan dengan tepat. Sirkulasi dari area dapur ke area makan pun harus diperhitungkan (apabila memang kedua ruang tersebut tidak bersebelahan.

Ruang makan biasanya menjadi tempat favorit bagi kalangan tertentu, jenis dan type meja-kursi makan harus menyesuaikan dengan fungsi maupun kebutuhan serta selera dari owner. Meja dan kursi makan bisa terbuat dari elemen kayu maupun elemen metal dan kaca.

Jumlah kamar mandi menyesuaikan dengan jumlah penghuni dari rumah tersebut secara proporsional. Apabila kita memiliki pembantu atau housekeeper, tidak ada salahnya untuk kita sediakan kamar mandi tersendiri bagi dia. Untuk kamar mandi keluarga, ukuran jangan terlalu sempit. Selain untuk membersihkan tubuh, kamar mandi dapat juga sebagai suatu ruang rekreasi tersendiri bagi penghuninya untuk menghilangkan penat dan stress. Isi dari kamar mandi diantaranya : bak mandi, bathtub, shower, kloset, tempat sabun, tempat keperluan mandi, tempat handuk, gantungan baju, dan apabila memungkinkan kita bisa pasang jacuzi di dalamnya. Tidak ada salahnya kita berikan instalasi stop kontak untuk beberapa fungsi di dalam kamar mandi. Secara detail telah kami ulas pada tulisan kami yang lain.

Sirkulasi udara dan tata cahaya di dalam rumah harus kita perhitungkan dengan matang, baik dari sisi kesehatan maupun dari sisi efisiensi penggunaan listrik. Tata letak lampu dan lubang udara ataupun sistem pendingin udara dan exhaust fan harus didesain sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya. Sebaiknya pada saat pembuatan instalasi listrik maupun instalasi air, terpetakan dengan baik pada gambar, sehingga suatu saat apabila kita akan memperbaiki atau memperbaharui jaringan tersebut tidak menemui kendala dalam penelusurannya.

BAGIAN BELAKANG

Untuk bagian belakang, biasanya terdiri dari : teras belakang, taman, ruang cuci, ruang jemur, ruang rekreasi, dan lain-lain. Sebaiknya ruang cuci dan ruang jemur tidak terlihat dari bagian dalam, bahkan dari ruang tamu. Untuk ukuran menyesuaikan dengan kebutuhan dan fungsi serta penggunaan alat. Kadang kita tambahkan pula gazebo untuk bagian belakang rumah sebagai ruang santai keluarga, atau bahkan untuk ruang makan.

Unsur finishing dalam rumah sangat beraneka ragam. Untuk lantai, kita bisa mempergunakan keramik dengan berbagai macam merk (granito, essenza, milan, super milan, asia tile, platinum, roman, mulia, dll) batu alam, carpet, parquete, kayu. Untuk kayu : jati, kalimantan/borneo, meranti, kruing, bangkirai, glugu, multiplek, abasia, dll. Untuk cat/pelapis : ICI, dulux weathershield, catylac, decolith, maxilite, mowilex, avian, altec, emco, fosroc, propan, sika, waterproofing, coating, dll. Plafond : GRC, gypsum board (elephant, knauff, dll), eternit, harflex, lis gypsum dan kayu, kalsiboard, dll. Untuk atap : rangka atap kayu, rangka atap baja ringan (bluescoope lysaght, sakura truss, star truss, dll) metal roof (sakura roof, multiroof, surya roof, dll), genteng beton, genteng keramik dan tanah liat, sirap, dll. Lisplank : kayu, woodplank, kalsiplank, dll Instalasi listrik :supreme, prima, eterna, clipsal, broco, wavin, mpoin, dll. Dan masih banyak elemen lainnya, baik untuk utama atau dekorasi yang cukup banyak apabila kami sebutkan satu persatu.

Elemen-elemen dalam suatu rumah tinggal memang hanya sesederhana itu. Kadangkala, pada saat kita mendesain, kita begitu mengutamakan keunikan dan keindahan secara fisik, akan tetapi kurang memperhitungkan faktor fungsi dan kebutuhan. Kami sarankan, pada saat anda mulai akan mendesain rumah, usahakan membuat suatu deskripsi atau rincian terlebih dahulu mengenai beberapa hal prinsip fungsi dan kebutuhan terlebih dahulu. Baru setelah hal tersebut telah tertuang secara detail, kita menyentuh dari sisi seni dan keindahan dari rumah anda. Semoga apa yang kami sampaikan disini cukup bermanfaat bagi anda semua.

Dikutip dari : http://istanalangit.com